penduduk kota bali

Jumlah penduduk Propinsi Bali menurut sensus penduduk tahun 2000 adalah 3.146.999 yang tersebar di 9 kabupaten dan kota. Empat sensus sebelumnya mencatat jumlah penduduk Bali berturut-turut sebagai berikut: pada sensus 1995 adalah 2.904.828 orang, pada sensus 1971 turun menjadi 2.120.091 orang, sensus 1980 mencatat 2.469.930 orang dan sensus 1990 meningkat menjadi 2.777.356 orang.

Perbedaan ciri dan potensi antar kabupaten/kota menyebabkan tidak meratanya persebaran penduduk Bali di semua kabupaten dan kota. Kabupaten Buleleng dan Kota Denpasar menempati status jumlah wilayah dengan jumlah penduduk terbesar yaitu 17.74% (Buleleng) dan 13,92% (Denpasar) dari seluruh penduduk Bali.

Dalam hal kepadatan penduduk, Kota Denpasar menempati urutan pertama dengan tingkat kepadatan 4.295 orang/km2. Artinya dengan luas wilayah seluas 123.98 kms, Kota Denpasar dihuni oleh 532.440 orang. Di urutan kedua adalah Kabupaten Gianyar dengan kepadatan 1.068 orang/km2. Adapun kepadatan paling rendah terdapat di Kabupaten Jembrana. Dengan wilayah seluas 841.80 km2, kabupaten ini hanya dihuni 217.199 orang atau 275 orang/km2. Selain berdomisili di Provinsi Bali, penduduk Bali juga tersebar di berbagai provinsi di Indonesia baik sebagai transmigran atau sebagai penduduk pendatang yang bekerja di kota-kota besar lainnya, terutama di Pulau Jawa.

Sebagai satu komunitas, penduduk Bali terikat pada segi-segi kehidupan social dan budaya yang oleh masyarakat Bali disebut sebagai Tri Hita Karana yaitu kewajiban menjalankan kehidupan spiritual, (parhyangan) sebagai atma (jiwa), kewajiban memelihara wilayah pemukiman dan lahan (palemahan), sebagai angga (raga), dan kewajiban melakoni hidup bermasyarakat dalam satu ikatan aturan (pawongan) sebagai khaya (tenaga).

Manusia, masyarakat dan kebudayaan Bali, pada perkembangannya kini, sesungguhnya diwarnai oleh perjalanan budaya dan perilaku masyarakat pada masa Bali kuna, masa Bali Majapahit dan masa Bali modern. Pemahaman tentang hidup terdiri dari dari unsur atma, angga dan khaya, yang bersumber dari ajaran Hindu, menjadikan pola hidup masyarakat Bali unik dan lentur menyikapi perubahan jaman. Perkembangan budaya dan perilaku manusia Bali dari Bali kuna ke Bali modern yang dilakoni secara lentur telah pula menumbuhkan perekonomian, ilmu pengetahuan dan teknologi yang senantiasa diupayakan terpadu harmonis dengan warna budaya lokal. Budaya Bali, kemudian tampak seperti terus tumbuh berkelanjutan mengalami perkembangan dengan tetap menampakan ciri budaya setempat.